Jumat, 21 Desember 2018

Menghidupi Leluhur - Photostory 2017


Wayang Orang menjadi salah satu cara merawat budaya leluhur dan mengikat identitas suatu bangsa. Itulah yang dilakukan (komunitas) Wayang Orang Sriwedari Surakarta untuk turut serta dalam melestarikan budaya leluhur.

Teater drama tradisional ini mempertahankan lakon klasik dan setia pada pakem yang terus dipertahankan. Cerita lakon yang penuh dengan nilai-nilai luhur selalu mengingatkan kita pada konflik dan resolusinya pada kehidupan.

Workshop Photostory SOLO 7 8 9 Mei 2017 Mentor Gembong Nusantara


YouTube : https://www.youtube.com/watch?v=9Ms_NEuj2Ro

Behind The Scene

Workshop Jurnalistik Photo Story ini saya ikuti ketika saat itu sebagai siswa Kelas Pagi Yogyakarta (KPY) Angkatan ke-6. Kebetulan salah satu materi yang ada dalam kurikulum di bahan ajar KPY, salah satunya adalah mengenai Photostory.


Saat itu saya mengambil Kelas Visual Literasi, tapi karena workshop ini terbuka untuk seluruh Angkatan #6 baik Kelas Grafis ataupun Kelas Visual Literasi dan juga para jamaah diluar kedua kelas tersebut, maka saya beranikan diri untuk ikut workshop ini.

Karena memang saya tidak memiliki bekal dasar yang mumpuni terkait fotografi, jadi saya beranggapan bahwa melalui workshop ini semoga semakin menambahi pengalaman saya terkait fotografi. Seluruh proses dilakukan selama 3 hari 2 malam, 8-10 Mei 2017.

Sebelum berangkat ke Solo, dilakukan Briefing untuk seluruh peserta pada 26 April 2017. Kalau tidak salah sejak tanggal tersebut peserta harus sudah menetukan objek atau materi Jurnalistik Photo Story apa yang akan dikerjakan.

Saya sempat bertanya ke beberapa kawan di kantor yang asli orang Solo. Beberapa rujukan dari mereka adalah Wayang Orang Sriwedari, Pasar Klitikan, Museum/Monumen Pers Nasional. Kemudian saya coba pilih untuk memfoto Wayang Orang Sriwedari.

Langkah awal awalh mencari kontak pengelola Wayang Orang Sriwedari ini. Mulai dari lempar-lemparan kontak dari Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata. Sampai akhirnya dapat kontak seorang fotografer yang sering mendokumentasikan pentas Wayang Orang Sriwedari. Singkat cerita saya dapat kontak pimpinan Wayang Orang Sriwedari, dan baru dapat saya kontak pada hari pertama tiba di Solo.

Hari-1, 8 Mei 2017

Berangkat siang hari langsung menuju solo. Sampai di Jalan Slamet Riyadi sengaja cari Indomart dulu untuk cari camilan mengganjal perut, karena paginya belum sarapan. Sambil nongkrong di Indomartdapat kabar dari Ketua Wayang Orang Sriwedari, bahwa beliau sedang ada di Jakarta. Sehingga surat ijin fotonnya diminta diserahkan ke wakilnya.

Hari-2, 9 Mei 2017

Update soon...

Hari-3, 10 Mei 2017

Update soon...


Referensi:
  • http://www.kelaspagiyogyakarta.com/2017/04/workshop-photo-story-kpy6-solo-jateng-8.html
  • http://www.kelaspagiyogyakarta.com/2017/05/slideshow-preview-workshop-photo-story.html
  • https://www.youtube.com/watch?v=9Ms_NEuj2Ro



0 komentar:

Posting Komentar