Rabu, 07 Desember 2016

Melatih Anjing Buang Air Kecil Di Tempat Tertentu

Bimakuru - Memelihara anjing (bagi para pecinta anjing) seperti saya adalah suatu hal yang mengasikan. Meskipun di awal-awal penyesuaian yang anjing dengan lingkungan barunya kadang amat sangat merepotkan sang empunya tapi cukup menyenangkan untuk mempelajari setiap tipe anjing yang kita pelihara.

Baru-baru ini saya mendapat hibang seekor anak anjing jenis Beagle ras murni, kedua indukan stambum namun sayangnya sang anak terlambat untuk didaftarkan ke kennel. Sekalipun bisa, namun dendanya cukup tinggi untuk saya. Kami mengadopsi si anakan Beagel ini sekitar usia 2-3 bulan (menurut info si empunya) dan kami beri nama CIRO.

Di foto sih terlihat lucu dan menggemaskan, namun aslinya nakal. Semua-semua di gigit dan di kunyah, semua makanan dilahap, tak jarang hingga sampai muntah kekenyangan. Namanya juga anak-anak.

A photo posted by bimAKUru (@bimakuru) on

Namanya juga anak-anak, anjing lagi, ketika berada di tempat baru dan masih penyesuaian sudah lumrah jika buang air kecil (pipis) dan buang air besar (pup) sembarangan. Karena rumah kami tidak begitu besar, meski ada garasi dan teras depan, kami memutuskan memelihara anjing di dalam rumah, tidak dikandang atau di rantai di luar rumah.

Berikut ini pengalaman kami dalam melatih anjing pipis di kamar mandi

1) Kenali kebiasaan Pipisnya

Anak anjing pipis sembarangan itu biasa, apalagi jika berada di tempat baru. Masa adaptasi bisa digunakan sebagai waktu yang pas untuk melatih sejak dini bagaimana ia harus pipis.

Akan lebih baik jika anda dapat mengenali kebiasaan si anak anjing ini ketika ia akan pipis, sehingga anda dapat mengarahkan di mana ia harus nongkrong.

Tapi karena tidak 24 jam kami bisa menemani Ciro, maka kami menggunakan koran bekas untuk menandai lokasi pipisnya. Setiap kali Ciro pipis, segera kami tutup dengan selembar koran namun tidak segera kami bersihkan. Biarkan saja koran penutup pipisnya itu tetap di tempatnya. Baru kami bersihkan (plus dipel tentunya) bila memang koran sudah terlalu becek karena pipisnya si Ciro.

Awalnya bisa 2-3 tempat pipis idolanya. Lama-kelamaan jadi 1-2 tempat saja yang menjadi lokasi favorit pipisnya, kadang juga di luar koran, itu bonus!

Setelah hanya 1 lokasi berkoran yang jadi tempat favorit pipisnya, dan si Ciro sudah biasa juga pipis di koran sudah saatnya kami harus memindah koran ke lokasi yang ditentukan.

2) Pindahkan koran ke lokasi tertentu

Selanjutnya kami memindahkan koran di depan pintu kamar mandi. Kebetulan saya dan istri sama-sama kerja jadi dari pagi hingga sore kadang Ciro diluar pengawasan kami. Maka setiap pagi sebelum berangkat kerja, kami menyiapkan koran bersih di depan pintu kamar mandi. Hal tersebut diharapkan si Ciro akan selalu pipis di depan kamar mandi.

Tidak sampai satu bulan kebiasaan tersebut berjalan. Ciro 'terarahkan' untuk pipis di atas koran di depan kamar mandi. Selanjutnya kami selalu membuka pintu kamar mandi, dan menggeser koran semakin dekat (masuk) ke arah kamar mandi.

Tidak sampai satu minggu kami mendapati Ciro sudah pipis di dalam kamar mandi. Memang tidak secara langsung kami mengamati, namun setidaknya ada bekas pipis bau khas Ciro ada di kamar mandi. Namun tidak selalu di kamar mandi, ada kalanya masih di koran.

3) Biasakan....

Selanjutnya kami mulai tidak lagi menyiapkan koran di depan pintu kamar mandi, namun selalu membuka pintu kamar mandi agar Ciro dapat masuk kamar mandi. Saat ini Ciro sudah dapat pipis di dalam kamar mandi.

*Tapi bonusnya dia juga pipis di lantai dapur, aaarggggg...!!!



Tips lain dari kawan

Selain pengalaman saya diatas, seorang kawan di kantor juga membagi tipsnya dalam membiasakan anjing pipis di tempat tertentu, berikut tipsnya (yang belum saya praktekan)

1) Siapkan kain pel khusus untuk membersihakan pipis anjing. Bisa berupa kaos bekas, atau bekas kaos.
2) Gunakan khusus untuk membersihkan pipis anjing, namun jangan segera dicuci. Biarkan saja meskipun bau, karena anjing hanya mengenal bau.
3) Tempatkan kain pel tersebut di tempat tertentu yang anda inginkan agar anjing anda pipis disitu.
4) Kalaupun anjing anda masih pipis di sembarang tempat, setelah anda dapati anjing anda pipis bersihkan dengan kain pel khusus tadi. Selanjutnya tempelkan di moncong hidungnya, sembari anda memindahkan anjing dan kain pel tersebut ke tempat tertentu dimana anda ingin anjing anda pipis disitu.
5) Lakukan berulang kali hingga anjing anda akhrinya pipis di tempat khusus tersebut.
6) Jika sudah berbulan-bulan dan gagal, berarti anda kurang beruntung hehehe...

Atau anda punya pengalaman berbeda menganai melatih anak anjing pipis di tempat tertentu? Mari di bagikan di kolom komentar di bawah postingan ini, kami tunggu yaak.

Kamis, 04 Agustus 2016

Ketika Nomor Punggung Tidak Lagi Identik Pada Posisi Tertentu (Dalam Sepakbola)

Bimakuru - Dalam sepakbola, selain nama pemain dan juga posisinya, salah satu hal yang diingat oleh pada fans adalah nomor punggung sang pemain idola. Kadang setiap pemain memiliki nomor punggun yang identik dengan dirinya masing-masing.

Nomor punggung yang dipakai oleh seorang pemain sepakbola, biasanya identik juga dengan posisi yang dimainkan sang pemain. Beberapa nomor punggung juga dikaitkan dengan posisi tertentu, semisal Kiper biasanya mengenakan nomor 1 atau 12, serta Penyerang identik dengan nomor 9 atau 10.

Seperti yang ditulis BBC Sport beberapa waktu yang lalu mengenai nomor punggung pemain. Diberitakan dari Liga Inggris, klub divisi Championship musim 2016/17, Sheffield Wednesday, baru saja mengumumkan nomor punggung dua pemainnya, yaitu Joe Wildsmith (Kiper) dan Steven Fletcher (Penyerang).

Baca : Sheffield Wednesday: Joe Wildsmith no. 2? Steven Fletcher no. 6?


Dalam berita tersebut ditulis bahwa Joe Wildsmith akan mengenakan nomor punggung 2 dan Steven Fletcher memakai nomor 6. Nomor punggung yang tidak lazim dikenakan oleh keduanya bila melihat posisi mereka masing-masing.

Tidak dijelaskan lebih detail terkait pemilihan nomor untuk kedua pemain tersebut.

Ketika Nomor Punggung Tidak Lagi Identik Pada Posisi Tertentu

Mungkin di Liga Inggris hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak biasa? Beberapa pemain sudah menggunakan nomor punggung yang tidak lazim seperti diatas.

Beberapa contoh saya ambil dari Liga Italia

Mohamed Kallon (Penyerang) - Inter Milan - #3

Cristiano Lupatelli (Kiper) - Chievo - #10

Luca Bucci (Kiper) - Parma - #5

Luca Bucci (Kiper) - Parma - #7



Selasa, 07 Juni 2016

Senin, 23 Mei 2016

Mengurus Aktivasi Nomor Simcard XL Hangus

Bimakuru - Pagi ini dibikin panik dengan hilangnya signal nomer XL. Sebelumnya memang sedang dalam masa tenggang, namun selalu menunda-nunda untuk mengisi ulang pulsa di nomer XL ini, karena lagi bokek.

Siang tadi di kantor nyambi cari-cari info terkait aktivasi kembali nomer XL yang hangus karena lewat masa tenggang. Karena ini nomer couple sama mantan pacar, ya gimanapun diusahain biar bisa aktif lagi. Karena dulu pernah punya pengalaman buruk dengan kasus yang sama namun dengan operator yang berbeda.

Ceritanya punya nomer cantik provider warna merah, namun ya itu tadi nunda-nunda isi pulsa padahal udah masuk masa tenggang, akhirnya hangus deh. Coba untuk aktifasi nomer hangus tersebut namun gagal, mbak di GraPari bilang sudah tidak bisa diaktifasi ulang, hiksssss...

Oke, lanjut ke cerita hari ini. Setelah baca-baca beberapa blog yang katanya bisa mengaktifkan kembali nomer XL yang hangus, langsung deh ancang-ancang pulang kantor lebih cepat untuk ke kantor XL Jogja.

Sempat mentions ke akun @XLcare & @XL123 untuk tanya dimana XL center Jogja sekarang? Langusng direspon cepat oleh admin FA dengan jawaban @bimakuru Hi mas Bima, dibantu di JL. Laksda Adi Sucipto No.163 (lt.1) (depan Kampus UIN) ya, tks ^FA




Selanjutnya sampai rumah langsung nyalai lampu depan dulu sebelum ditinggal pergi, karena mantan pacar lagi fitness daripada ntar pulang-pulang lampu depan rumah masih gelap.

Sampai di XL Center Jogja, sekitar jam 5 sore info dari satpam di parkiran ternyata pelayanan buka hingga pukul 20.00 WIB, syukurlah.

Langsung antri di CS, dapat nomor antrian 555 (wow hoki nih), gak sampai 2 menit duduk ehh sudah dipanggil untuk menuju ke counter nomer 12.

Dengan mbak di CS cuman komplain klo nomor XL-ku tidak dapat signal sejak tadi pagi. Setelah dicek di sistemnnya mbak CS bilang klo nomor XL punyaku sudah hangus, hahaa.

Lanjut ke pertanyaan intinya, "Masih bisa diaktifkan kembali gak mbak?"

Mbak CS menjawab "bisa", namun harus dengan mengisi ulang pulsa 50 ribu.

"OK", saya jawab dengan mantab :)

Akhirnya sembari diproses, Mbak CS menawarkan pula untuk mengganti ke Simcard 4G. Meskipun gadget saat ini belum support untuk 4G, namun saya iyakan saja tawarannya.

Dilanjutkan dengan mengisi kertas form isian, sembari Mbak CS meminjam kartu identitas (KTP) untuk di fotocopy. *Kartu identitas bisa KTP ataupun SIM

Tidak sampai 5 menit proses aktifasi ulang dan pergantian simcard sudah beres. Lanjut dengan mengganti dan mengecek simcard baru, masih ditemani Mbak CS tentunya, sayang gak sempat kenalan gak tau juga namanya.

Dan hasil akhirnya adalah, simcar XL yang hangus per 05.00 WIB tadi pagi berhasil diaktifasi kembali sore harinya dengan syarat mengisi ulang pulsa sebesar 50 ribu rupih.

Sekian...

Simcard Baru vs Simcar Lama

Jumat, 08 April 2016

Bikin Merchandise Souvenir Unik di CustomBagus Gratis Ongkos Kirim





BimakuruBikin Merchandise Souvenir Unik di CustomBagus Gratis Ongkos Kirim. Bikin Merchandise Souvenir Unik di CustomBagus Gratis Ongkos Kirim. Berbagai produk kreatif dan unik ada di CustomBagus.com mulai dari Kartu Nama, Undangan, Kaos, Cetak Stiker Promosi, dll.

Industri kreatif belakangan ini tumbuh subur di Indonesia. Berbagai produk dan jasa menawarkan berbagai macam pernak-pernik Merchandise Souvenir Kreatif nan Unik dengan berbagai jenis dan harga yang makin bersaing. Tentu sebagai konsumen kita disuguhkan berbagai pilihan dengan kelebihannya masing-masing.

Salah satu tempat bikin merchandise souvenir unik sesuai keinginan kita adalah di CustomBagus, yang menawarkan tegline Satu tempat, untuk semua kebutuhan promosi Anda, dengan menawarkan lebih dari 100 jenis produk pilihan berkualitas unik kreatif dan tentunya dengan harga yang murah dan bebas ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Custom Products
Buat sesuai brand, logo & desainmu

Order Satuan & Lusinan
Bisa satuan, lusinan lebih murah

Harga Terbaik di kelasnya
Hasil maksimal gak pake mahal

Pilihan Jenis Produk Terlengkap
Lebih dari 100 produk

Custom Bagus menyediakan aneka barang promosi, pembuatan souvenir unik hingga pemesanan kaos, seragam, dan jaket untuk perusahaan.


Bikin Merchandise Souvenir Unik di CustomBagus Gratis Ongkos Kirim. CustomBagus menyediakan aneka barang promosi, pembuatan souvenir unik hingga pemesanan kaos, seragam, dan jaket untuk perusahaan.

Promo Eco-Totebag

Produk Tote-bag Ramah Lingkungan

Produk ramah lingkungan makin digemari segala kalangan, dan pemerintah pun mendukung penggunaan barang-barang yang mudah didaur ulang (ramah lingkungan). CustomBagus juga menyediakan produk yang ramah lingkungan.

Saat ini sedang tersedia Promo Eco-Totebag yang menawarkan harga yang lebih murah dan ramah lingkungan. Media promosi yang tepat untuk menampilkan brand dan logo perusahaan Anda

Bikin Merchandise Souvenir Unik di CustomBagus Gratis Ongkos Kirim. CustomBagus menyediakan aneka barang promosi, pembuatan souvenir unik hingga pemesanan kaos, seragam, dan jaket untuk perusahaan.


Lomba Blog: Inovasi Produk Bersama CustomBagus

Jumat, 25 Maret 2016

Mudahnya Mengurus EFIN Kantor Pajak Pratama Yogyakarta

Bimakuru - Tahun 2016 ini adalah pengalamana pertama saya mengurus pajak. Mulai dari daftar NPWP di awal tahun hingga kewajiban membayar pajak tahunan di bulan Maret ini.

Dengan kemudahan dan kemajuan teknologi saat ini, kantor pajak juga sudah memudahkan wajib pajak dengan dapat melaporkan kewajibannya secara online.

Karena sudah mendapat edaran mengenai kewajiban membayar pajak maka saya berinisiatif untuk mencoba aplikasi onlinenya, di djponline.pajak.go.id.

Login awal ternyata terjadi pesan error, Pesan Kesalahan:SO002-Data Pengguna Tidak Ditemukan. Berarti data akun saya belum ada, dan akun eRegister lalu berbeda dengan yang ini. Ok, saya coba daftar baru di djponline.pajak.go.id/registrasi.

Di form registrasi DJP Online, terdapat isian NPWP dan Electronic Filing Identification Number (EFIN). Nah, ada juga tertulis informasi Dapatkan Electronic Filing Identification Number (EFIN) dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

Terpaksa harus ke kantor pajak deh. Sebelumnya coba bertanya ke beberapa teman yang sudah mendapat EFIN, apakah bisa by phone saja? Tapi, rekomendasi mereka harus langsung ke kantor pajak dimana saja membuat NPWP.

Oke deh, akhirnya harus ke kantor pajak lagi.

Kamis (24/3/2016) pagi saya ke Kantor Pajak Pratama Yogyakarta. Berangkat sekitar jam 9 pagi dari rumah. Sampai lokasi ternyata sudah ramai, parkiran motor hingga luar kantor penuh. Bayangan saya pastinya harus ngantri panjang 1-2 jam didalam. Pokoknya tetap harus mendapat EFIN segera.

Setelah memarkir motor diluar area gedung, langsung masuk deh. Di depan sudah ada satpam yang menyapa menanyakan keperluan. Saya diarahkan ke atas di lantai dua.

Sampai diatas sudah ada barisan antrian duduk di kursi yang mungkin sengaja diatur untuk memudahkan antrian. Disebrang antrian ada dua orang sedang ngisi form. Saya tanya langsung, karena saya beranggapan mereka lebih tahu dulu mengenai EFIN, ya benar ternyata form isian untuk pengajuan EFIN-nya.


Di sekitar antrian juga tidak diinformasikan mengenai kelengkapan yang harus dibawa saat mengurus registrasi EFIN ini, namun untungnya di dompet masih ada 1 lembar fotokopi KTP saya, semoga saja cukup untuk lampirannya.

Setelah selesai isi form, langsung duduk mengantri. Banyangan saya 1-2 jam mengantri ternyata salah. Antrian registrasi EFIN kenyataannya cepat, kalau tidak salah saya hanya mengantri sekitar 15 menit dari awal mula di ujung paling jauh dengan ujung awal dekat petugas pelayanan EFIN.

Sampailah giliran saya, belum sampai petugasnya mengisikan data saya malah listri padam. Dalam hati misuh...!! Tapi ya tetap senyum saja, daripada petugasnya juga ikutan bete. Sembari menyapa, "gak pake genset mas?" Lalu disaut menjelaskan yang saya sendiri tidak donk, mungkin maksudnya otomati di genset agak bermasalah.

Namun, tidak sampai 2-3 menit listrik kebali menyala. Dan urusan registrasi EFIN kembali di lanjutkan. Akhirnya beres juga hahaha.....

Mengurus EFIN ternyata gampang dan mudah. Kelengkapan yang perlu dibawa untuk memastikan kelancarannya : (1) Fotokopi kartu NPWP, (2) Fotokopi KTP.

Senin, 21 Maret 2016

Ngobrol Bareng MPR-RI dalam Netizen Gathering 2016

Netizen Gathering 2016 Ngobrol Bareng MPR-RI, pengalaman baru bagi saya dengan santainya dapat ngobrol bareng dengan para pejabat Wakil Rakyat kita dari Senayan ini. Tak tanggung-tanggung, Bapak Zulkifli Hasan (@zul_hasan) selaku ketua MPR dan Bapak Ma'ruf Cahyono selaku Sekjen MPR datang langsung menyapa dan berdiskusi dengan para blogger (netizen) yang hadir di Eastparc Hotel Yogyakarta selama dua hari, 18-19 Maret 2016.

Zulkifli Hasan membuka dialog dengan tema bahasan GBHN Sebagai Penentu Arah Bangsa, ini juga dikaitkan dengan tugas anggota MPR untuk mensosialisasikan Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara.


Saya sendiri merasa berat dengan materi ini, karena sejak awal panitia tidak menginformasikan tema umum bahasan Ngobrol Bareng Dengan MPR RI ini terkait sosialisasi #4PilarUntukNetizen.

Apa itu Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara?

Setelah dengan mendadak googling, dengan lupa mencatat sumbernya barulah saya ngeh Empat Pilar yang dimaksud, yaitu:
1. Pancasila
2. UUD 1945
3. Bhinneka Tunggal Ika
4. NKRI

Dan salah satu tugas utama anggota MPR yang didalamnya terdiri dari anggota DPR plus DPD adalah untuk mensosialisasikan Empat Pilar tersebut, khususnya di wilayah DaPil mereka masing-masing.

Di sesi pertama ini, Ketua MPR membuka dengan menjelaskan tugas dan posisi MPR saat ini. Tugas utamanya antara lain Mengubah dan menetapkan Undang-Undang, serta Melantik Presiden. Sedangkan posisi MPR saat ini adalah setara dengan Lembaga Tinggi Negara.

Sedangkan tugas politis MPR selain dalam mensosialisasikan Empat Pilar diatas juga Pengkajuan Aspirasi Rakyat terkait tata negara, konstitusi, dll.

Ketua MPR sendiri berharap Gedung Senayan yang megah tersebut bukan sebqgai tempat yang eksklusif, namun sebisa mungkin sebagai Rumah Kebangsaan yang seluruh kalangan masyarakat Indonesia dapat mengaksesnya.

Setelah makan malam, sesi berikutnya masih ngobrol santai dengan Bapak Ma'ruf Cahyono. Beliau memaparkan salah satu langkah baru dari MPR dengan menciptakan gerakan Ini Baru Indonesia, dimana Empat Pilar diatas tadi bukan sebagai konsep saja namun juga memunculkan metoda-metoda baru dalam sosialisasinya dan aplikasinya juga.

Metoda-metoda yang sudah coba dilakukan oleh MPR terkait Empat Pilar tersebut antara lain Training of Trainee (ToT) dan juga Outbound. Dengan adanya masukan dari masyakat diharapkan muncul metoda-metoda baru yang lebih efektif dan efisien.

Lanjut dihari kedua, pembahasan dilanjutkan dengan Menangkal Radikalisme dengan Empat Pilar. Kali ini netizen diajak ngobrol santai bersama Bapak Soemandjaja Roekmandis (@sunmandis)selaku Pimpinan Badan Pengkajian MPR.

Sarapan Lotek Eastparch Hotel

Beliau mengawali dengan membahas Fundamentalisme vs Radikalisme. Menurut beliau, Fundamentalisme -> Fundamental -> Pondasi. Sedangkan Radikalisme, -> Radik -> Akar.

Radikalisme sendiri, muncul dari 4 faktor, watak seseorang (bawaan dari keluarga); latar belakang pendidikan; keyakinan yang dianutnya; serta faktor eksternal dari kebijakan pemerintah di wilayah dimana ia tinggal.

Satu yang masih sangat teringat dari sesi tersebut adalah "Bagaimana Nanti vs Nanti Bagaimana".

Implementasi Sila-sila Pancasila :

1. Berhenti Saling Merendahkan, Mulailah Menghormati Perbedaan

2. Stop Marah-Marah, Mulailah Bersikap Ramah. Stop Saling Curiga, Mulailah Saling Menyapa

3. Berhentilah saling Memaksakan, Mulailah Berkorban. Perbedaan Bergandeng Tangan

4. Berhentilah Bersilat Lidah, Mulailah Saling Musyawarah

5. Berhentilah Malas, Mulailah Bekerja Keras. Berhentulah untuk Menang Sendiri, Mulailah untuk saling Berbagi

Bima Sakti (@bimakuru), Eastparc Hotel, 19 Mar 2016



Sabtu, 31 Oktober 2015

Sepertinya Memang Tidak Berjodoh Dengan Weloveserver

Bimakuru - Setelah satu tahun menggunakan fasilitas Virtual Private Server (VPS) dari Weloveserver, dengan berbagai plus-minus-nya sepertinya saya harus move-on untuk lebih memilih (kembali) menggunakan shared hosting saja.

Masih mencari-cari, terutama hosting yang lagi diskon atau menyediakan promo. Disengajakan menyasar ke forum webhostingtalk dan ads.id untuk mencari promo diskon webhosting.

Mana pas posisi tanggal tua, dan stok kantong di paypal gak sampe $5, hiks.

Beruntungnya pas di ads.id sedang ada promo web hosting 100 ribu-an, dengan kuota Disk Space: Unlimited & Bandwidth: Unlimited untuk paket cPanel Hosting Unlimited. Langsung tancap gas, kontak adminnya dan order 1 paket sadja untuk sementara.


>> http://ads.id/forums/showthread.php/189717-Gigmanity-com-UNLIMITED-SPACE-amp-BANDWIDTH-Serba-Rp-10-000-Aja-Autoblog-Allowed

Sembari nunggu tabungan cukup buat sewa shared hosting di Hawkhost ataupun di Hostgator. Ordernya juga ngepasin klo ada promo aja sih, heheee.