September 2023, akhirnya bisa ke Luar Negeri

Pengalaman Pertama ke Luar Negeri. September 2023 menjadi pengalaman baru bagi saya untuk merasakan bagaimana menggunakan paspor untuk bepergian ke luar negeri. Tanggal 25 Septermber 2023 lalu menjadi kali pertama saya berkesempatan mengunjungi Timor-Leste. 

Meskipun tidak jauh posisinya dari Jogja, namun pengalaman berkunjung ke Timor-Leste menjadi perdana pengalaman saya mengunjungi negara lain di luar Indonesia.




Paspor yang kami buat pada tahun 2018 lalu akhirnya mulai kelihatan kegunaannya. Karena selama ini lebih banyak berada di map di rumah, seingat saya hanya pernah saya gunakan untuk 1 kali perjalanan domestik dengan pesawat (pengganti KTP, coba-coba aja) dan untuk mendaftar ke akun sekuritas saham.

Namun, ternyata paspor saya yang expired di bulan November 2023 tersebut tidak bisa digunakan untuk perjalanan. Karena, ada aturan yang mensyaratkan bahwa perjalanan di sekitar Asia Tenggara minimal paspor berusia 6 bulan sebelum tanggal expired.

Pergantian Paspor (habis masa berlaku)

Info terkait 6 bulan di atas saya dapat dari seorang kawan blogger yang juga bekerja di Imigrasi Jogja, mas @tomipurba. Maka dari itu saya langsung saja tanya-tanya terkait bagaimana cara untuk mengajukan Pergantian Paspor karena pasopor lama saya sudah hampir habis masa berlakunya.

Ternyata sekarang untuk pengajuan Pergantian Paspor atau Pendaftaran Paspor baru menggunakan antrian online melalui aplikasi M-Paspor yang dapat diunduh dan instal di perangkat Android maupun iOS.

Dari aplikasi M-Paspor tersebut kita bisa memilih tanggal, jam dan lokasi di mana kita akan mengajukan permohonan pergantian paspor baru kita.

Di Jogja sendiri layanan paspor dapat dilakukan di Kantor Imigrasi, Lippomall, MPP Balai Kota dan Kantor Imigrasi Kulon Progo.

Dan singkat cerita passporku jadi, dapet infonya juga dari mas Tomi. Hari yang ditentukan, langsung ambil ke Kantor Imigrasi DIY.

Akhirnya punya paspor bisa digunakan juga hehehe...

Yang sebelumnya cuma hanya pernah saya gunakan untuk perjalanan domestik (pesawat) sebagai pengganti identitas KTP.