Perpanjangan STNK 5 Tahunan - Syarat, Prosedur dan Biaya 2022

@bimakuru - Hari pertama kerja 9 Mei 2022 lalu saya gunakan untuk mengurus pajak STNK 5 Tahunan sepeda motor kami. Awalnya memang lupa, belum sempat diperpanjang. April 2022 adalah akhir berlaku pajak kendaraan tersebut, tapi kami tidak menyadari itu. Jadi, barulah sempat untuk memprosesnya di hari pertama masuk kerja, ijin sebentar paginya untuk ke Samsat Kota.

Sebelum ke Samsat saya cari info dahulu secara online, syarat apa saja yang diperlukan untuk dapat mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan kendaraan bermotor kami. Akhirnya, saya dapat dari Kompas, bawah syarat yang harus dibawa adalah sebagai berikut: 
  1. STNK asli
  2. BPKB asli dan fotokopi 
  3. KTP asli dan fotokopi sesuai yang tertera di STNK dan BPKB
  4. Formulir permohonan perpanjang STNK
  5. Kendaraan yang akan diganti platnya, karena nanti harus cek nomor rangka dan mesin 
  6. Uang untuk membayar pajak kendaraan 
  7. Surat keterangan buka blokir (jika STNK berstatus diblokir) 
  8. Surat kuasa jika diwakilkan
Maka, dari syarat-syarat yang tertera dari informasi itu tadi saya menyiapkan: KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, STNK asli, sejumlah uang dan tentunya sepeda motor yang akan saya perpanjang pajak STNK-nya.

Masing-masing fotokopi dokumen yang saya siapkan, sengaja saya siapkan masing-masing 2 lembar untuk jaga-jaga. Tapi ternyata hanya 1 lembar fotokopian yang dibutuhkan.

Ohh iya, satu lagi saya cek juga di Google terkait jam operasional Samsat Kota Jogja. Tertera di Google jam operasional Samsat Jogja adalah Senin-Kamis 08.00-13.00 WIB, Jumat-Sabtu 08.00-11.00 WIB dan hari Minggu tutup. 

Prosedur dan Langkah Perpanjangan STNK 5 Tahunan

Cek Fisik Kendaraan - Sesampainya di parkiran langsung disambut sapa dua orang mas-mas, yang saya kira awalnya adalah petugas parkir (namun hanya menggunakan kaos oblong saja). 

Langsung bertanya keperluan saya apa? Saya jawab bahwa saya akan perpanjang STNK 5 tahunan. Masnya bertanya lagi "mau dibantu gak?."

Spontan saya jawab, tidak, saya memang akan mengurus sendiri supaya tahu prosedur dan semuanya sendiri.

Lalu, ada petugas parkir yang memang petugas parkir sebenarnya karena mamakai rompi parkir. Tahu jika maksud kedatangan saya akan mengurus STNK 5 Tahunan, saya langsung diarahkan ke bagian cek fisik kendaraan. Lokasinya agak sedikit di belakang gedung utama Samsat Kota Jogja. Lebih tepatnya, jika dari area parkir motor luru terus ke sisi timur gedung utama, akan ada tulisan Cek Fisik Kendaraan.

Di bagian cek fisik kendaraan ini sudah mengantir beberapa motor roda dua dan beberapa mobil. Saat itu, baik roda dua dan roda empat masing-masing ada dua antrian kebelakang. Saya menyesuaikan saja sesuai urutan kehadiran. Di antrian ini tidak memakai nomer antrian, jadi urut saja sesuai kehadiran dan antrian kendaraannya.

Setalah tiba giliran untuk cek fisik kendaraan, kita wajib menunjukkan dokumen yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Dokumen tersebut tidak dicek, hanya memastikan bahwa kita sudah menyiapkan saja. Pada bagian cek fisik ini, anda akan diberi blanko oleh petugas untuk ditempel hasil corat-coret cek fisik Nomor Rangka dan Nomor Mesin kendaraan anda.

Loket-2 & Loket-3

Cek Dokumen Kendaraan - Dari cek fisik kendaraan, anda akan diminta untuk mengantri cek dokumen di ruangan sebelah lokasi cek fisik (bukan bagian dari gedung utama). Namun, sebelum masuk ke ruangan sebelah cek fisik kendaraan ini anda harus memparkir kendaraan anda di area parkiran di halaman depan gedung pusat.

Serelah selesai memarkir dan kembal ke gedung samping cek fisik kendaraan, tumpuklah dokumen-dokumen anda pada kotak yang sudah disiapkan di Loket-2.

Dokumen yang perlu dan harus anda siapkan adalah: Blanko Cek Fisik Kendaraan, BPKB asli dan fotokopi, STNK asli dan KTP asli dan fotokopi.

Tumpuk di Loket-2 dan tunggu dipanggil kembali.

Dimana Loket-1? Lokat-1 ini adalah dimana anda tadi cek fisik kendaraan. Meskipin lokasi loketnya di dalam ruangan ini, namun anda sudah melakukan pengecekan di luar ruangan. Jadi, otomatis sudah tidak perlu lagi di Loket-1.

Oke, jika dari Loket-2 ini dokumen-dokumen anda sudah lengkap dan tidak ada kendala, maka anda akan dipanggil di Loket-3. Pada Loket-3 ini anda akan menerima dokumen-dokumen anda tadi, ditambahi lagi dokumen baru yaitu Formulir permohonan perpanjang STNK yang sudah diisikan oleh petugas.

Selanjutnya anda akan diarahkan untuk ke Gedung Pusat Samsat untuk melanjutkan proses Perpanjangan STNK 5 Tahunan ini.

Pembayaran Biaya Perpanjangan STNK

Di Gedung Pusat langsung di pintu utama/pintu masuk lantai satu akan ada loket pendaftaran, disitu silahkan antri dan serahkan dokumen-dokumen tadi yang ada terima dari loket sebelumnya.

Setelah dokumen anda serahkan anda akan diberi nomor antrian untuk membayar biaya pajaknya.

Antrilah di sekitar Loket-A-B-C bagian tengah gedung ini.

Tunggu saja nomor anda dipanggil.

Siapkan uang anda!

Akhirnya, nomor antrian saya dipanggil. Saat itu saya diminta untuk antri di Loket-C. Biasa yang harus saya bayarkan saat itu sebesar Rp. 258.500,- (sudah termasuk denda keterlambatan).



Setelah membayar Biaya Perpanjangan STNK 5 Tahun ini, selanjutnya diminta antri di Loket BRI. Di tahap ini kita harus menyiapkan uang lagi untuk membayar biaya Cetak STNK baru dan Cetak Plat Nomor baru.

Biaya yang harus disiapkan untuk STNK dan Plat Nomor baru ini, adalah
  • Roda Dua : Rp 160.000,- 
  • Roda Empat : Rp 300.000,-
*informasi harga/biaya ini per tanggal 9 Mei 2022.



Setelah menyelesaikan pembayaran dari Lokat BRI ini, kita diminta untuk antri mengambil Plat Nomor baru di gedung paling depan di area parkir (depan gedung pusat).

Menyerahkan dokumen dan nota pembayaran dari dua Loket pembayaran sebelumnya.

Jadi, perlu dingat bahwa kedua bukti pembayaran dari Loket-A/B/C dan Loket BRI jangan sampai hilang!

Setelah anda mendapat Plat Nomor baru, langkah selanjutnya kembali ke Gedung Pusat untuk mengambil STNK baru. Lokasi loket pengambilan STNK baru adalah persis di sebelah Loket BRI tadi.

Setelah anda mendapat Plat Nomor baru dan STNK baru, selesai sudah perjuangan anda untuk Memperpanjang STNK 5 Tahunan ini.

Yeah....!!!

Btw, dikarenakan hari itu cukup padat banyak yang memproses perpanjangan STNK baik tahunan maupun 5 tahunan saya kurang lebih perlu waktu 2 jam-an untuk menyelesaikan proses tersebut.

Jadi, catatan terakhir yang perlu diingat, sebaiknya datang lebih awal! Bangun pagi!

Semoga informasi ini bermanfaat.