Mudahnya Mengurus EFIN Kantor Pajak Pratama Yogyakarta

Bimakuru - Tahun 2016 ini adalah pengalamana pertama saya mengurus pajak. Mulai dari daftar NPWP di awal tahun hingga kewajiban membayar pajak tahunan di bulan Maret ini.

Dengan kemudahan dan kemajuan teknologi saat ini, kantor pajak juga sudah memudahkan wajib pajak dengan dapat melaporkan kewajibannya secara online.

Karena sudah mendapat edaran mengenai kewajiban membayar pajak maka saya berinisiatif untuk mencoba aplikasi onlinenya, di djponline.pajak.go.id.

Login awal ternyata terjadi pesan error, Pesan Kesalahan:SO002-Data Pengguna Tidak Ditemukan. Berarti data akun saya belum ada, dan akun eRegister lalu berbeda dengan yang ini. Ok, saya coba daftar baru di djponline.pajak.go.id/registrasi.

Di form registrasi DJP Online, terdapat isian NPWP dan Electronic Filing Identification Number (EFIN). Nah, ada juga tertulis informasi Dapatkan Electronic Filing Identification Number (EFIN) dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

Terpaksa harus ke kantor pajak deh. Sebelumnya coba bertanya ke beberapa teman yang sudah mendapat EFIN, apakah bisa by phone saja? Tapi, rekomendasi mereka harus langsung ke kantor pajak dimana saja membuat NPWP.

Oke deh, akhirnya harus ke kantor pajak lagi.

Kamis (24/3/2016) pagi saya ke Kantor Pajak Pratama Yogyakarta. Berangkat sekitar jam 9 pagi dari rumah. Sampai lokasi ternyata sudah ramai, parkiran motor hingga luar kantor penuh. Bayangan saya pastinya harus ngantri panjang 1-2 jam didalam. Pokoknya tetap harus mendapat EFIN segera.

Setelah memarkir motor diluar area gedung, langsung masuk deh. Di depan sudah ada satpam yang menyapa menanyakan keperluan. Saya diarahkan ke atas di lantai dua.

Sampai diatas sudah ada barisan antrian duduk di kursi yang mungkin sengaja diatur untuk memudahkan antrian. Disebrang antrian ada dua orang sedang ngisi form. Saya tanya langsung, karena saya beranggapan mereka lebih tahu dulu mengenai EFIN, ya benar ternyata form isian untuk pengajuan EFIN-nya.


Di sekitar antrian juga tidak diinformasikan mengenai kelengkapan yang harus dibawa saat mengurus registrasi EFIN ini, namun untungnya di dompet masih ada 1 lembar fotokopi KTP saya, semoga saja cukup untuk lampirannya.

Setelah selesai isi form, langsung duduk mengantri. Banyangan saya 1-2 jam mengantri ternyata salah. Antrian registrasi EFIN kenyataannya cepat, kalau tidak salah saya hanya mengantri sekitar 15 menit dari awal mula di ujung paling jauh dengan ujung awal dekat petugas pelayanan EFIN.

Sampailah giliran saya, belum sampai petugasnya mengisikan data saya malah listri padam. Dalam hati misuh...!! Tapi ya tetap senyum saja, daripada petugasnya juga ikutan bete. Sembari menyapa, "gak pake genset mas?" Lalu disaut menjelaskan yang saya sendiri tidak donk, mungkin maksudnya otomati di genset agak bermasalah.

Namun, tidak sampai 2-3 menit listrik kebali menyala. Dan urusan registrasi EFIN kembali di lanjutkan. Akhirnya beres juga hahaha.....

Mengurus EFIN ternyata gampang dan mudah. Kelengkapan yang perlu dibawa untuk memastikan kelancarannya : (1) Fotokopi kartu NPWP, (2) Fotokopi KTP.