Writing is Great - Kumpulan Kutipan Proses Kreatif Para Penulis Muda Indonesia

Writing is Great - Kumpulan Kutipan Proses Kreatif Para Penulis Muda Indonesia. Bimakuru.blogspot.com - Buku kompilasi kutipan dari Benny Arnas dan kawan-kawan ini aku beli pada saat event BigBadWolf 2019 Jogja, 11 Agustus yang lalu. Minat membeli buku ini, karena sepertinya ringan untuk dibaca dan dari fisik bukunya yang tidak terlalu tebal.

Juga, karena sebagai seorang blogger (yang jarang update, atau bisa dibilang karena hanya punya blog) menulis (mengetik di laptop) menjadi sebuah keharusan dan mestinya menjadi rutinitas. Maka, harapanya dengan membaca buku ini aku jadi lebih banyak update di blog ini bimakuru.blogspot.com.


Resensi: Writing is Great

Dalam buku ini penulis ingin mengajak pembaca menyelami rutinitas dan aktivitas pada penulis muda dibalik layar penulisan mereka. Pastinya setiap penulis memiliki 'ritual' tersendiri dalam menulis atau dalam menciptakan karya-karya mereka.

Pada pengantarnya penulis mengungkapkan bahwa setiap penulis tentunya punya pemicu agar dapat menulis sesuatu. Apakah itu dari kegelisahan, pandangan terhadap suatu fenomena yang dialami sendiri, kesedihan yang lama bercokol dalam dirinya, kebahagian yang meledak-ledak dan bermacam pemicu lainnya.

Dalam buku ini penulis mencoba mengulik dapur dari 10 penulis muda di Indonesia. Mereka adalah Andaru Intan, Benny Arnas, Dhamala Shobita, Ghyna Amanda, Iyesari, Kamiluddin Azis, Orihara Ran, Pia Devina, Reza Nufa dan Sayfullan.

Selanjutnya untuk melihat dan berbagi terkait jeroan aktivitas mereka, dari kesepuluh penulis muda tadi masing-masin diberikan pertanyaan yang sama satu sama lain. Jawaban yang diberikan dalam bentuk kutipan-kutipan inspiratif bagi anda para pembacanya. Tentu aku tidak akan mengutip semuanya, hanya beberapa saja.

Buku Writing is Great ini diterbitkan oleh Diva Press. Dengan cetakan pertama pada Desember 2017.

Di mana Tempat terbaik untuk Menulis?

Kesunyian dan keheningan membuatku merasa bebas untuk bekarya menghabiskan waktu bersama mereka yang bermain di bawah jari-jariku ~ Iyesari.
Saya tidak perlu tempat kosong dengan mejad-kursi seperti pegawai kantoran menulis. Di ruang keluarga dengan remahan makanan di sekitar laptop-pun saya bisa menyelesaikan dearline ~ Kamiluddin Aziz.

Di mana Tempat untuk menemukan Ide?

Saat berada di tengah keramaian, luangkan waktu sejenak untuk melihat apa yang ada di sekelilingmu. Pilihlah seseorang di antara kerumuman, lalu tuliskan kisah tentang orang itu dalam versimu sendiri ~ Pia Devina.
Tempat, sebetulnya tidak terlalu berpengaruh. Ide hadir ketika kita terisap pada semacam emosi yang membuat kata-kata mejadi sangat perlu untuk dituangkan ~ Reza Nufa.

Bagaimana Teknik menulis yang paling Nyaman? 

Menulislah sebanyak-banyaknya tanpa rasa takut salah. Setelah selesai suntinglah sekejam-kejamnya hingga tinggal saripati terbaik untuk disimpan ~ Sayfullan.
Menulis akan terasa lebih melegakan jika kamu sudah tahu tentang awal, tengah dan akhir dari kisahmu ~ Dhamala Shobita.

Bagaimana jika sedang mengalami Block Writer? 

Buku adalah makanan, Film adalah minuman, Musik adalah Vitamin. Selain istirahat, Ketiganya adalah terapi paling manjur untuk writer's block ~ Andaru Intan.
Disaat seperti itu saya akan keluar, melakukan hal yang mungkin belum pernah saya lakukan sebelumnya, dan saat kembali menulis, gagasan-gagasan baru telah mengantre di dalam kepala saya ~ Orihara Ran.

Bagimana cara Memotivasi diri sendiri untuk Menulis?

Bisakah kau bilang kalau kau bosan hidup? Kalau tak bisa, kau sedang mengarang-ngarang alasan untuk tidak menulis ~ Benny Arnas.
Saat iri membaca sebuah buku bagus, di situlah kita harus mulai menulis sesuatu yang lebih bagus ~ Ghyna Amanda.
* * *

Mungkin buku ini menjadi salah satu buku yang aku baca cukup cepat. Dua hingga tiga kali pegang buku ini langsung selesai membacanya. Maklum, karena aku memang bukan tipe pembaca cepat. Setiap kali membaca sebuah buku bisa sampai belasan kali sesi membaca baru selesai.