Langsung ke konten utama

Mudahnya Mengurus EFIN Kantor Pajak Pratama Yogyakarta

Bimakuru - Tahun 2016 ini adalah pengalamana pertama saya mengurus pajak. Mulai dari daftar NPWP di awal tahun hingga kewajiban membayar pajak tahunan di bulan Maret ini.

Dengan kemudahan dan kemajuan teknologi saat ini, kantor pajak juga sudah memudahkan wajib pajak dengan dapat melaporkan kewajibannya secara online.

Karena sudah mendapat edaran mengenai kewajiban membayar pajak maka saya berinisiatif untuk mencoba aplikasi onlinenya, di djponline.pajak.go.id.

Login awal ternyata terjadi pesan error, Pesan Kesalahan:SO002-Data Pengguna Tidak Ditemukan. Berarti data akun saya belum ada, dan akun eRegister lalu berbeda dengan yang ini. Ok, saya coba daftar baru di djponline.pajak.go.id/registrasi.

Di form registrasi DJP Online, terdapat isian NPWP dan Electronic Filing Identification Number (EFIN). Nah, ada juga tertulis informasi Dapatkan Electronic Filing Identification Number (EFIN) dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

Terpaksa harus ke kantor pajak deh. Sebelumnya coba bertanya ke beberapa teman yang sudah mendapat EFIN, apakah bisa by phone saja? Tapi, rekomendasi mereka harus langsung ke kantor pajak dimana saja membuat NPWP.

Oke deh, akhirnya harus ke kantor pajak lagi.

Kamis (24/3/2016) pagi saya ke Kantor Pajak Pratama Yogyakarta. Berangkat sekitar jam 9 pagi dari rumah. Sampai lokasi ternyata sudah ramai, parkiran motor hingga luar kantor penuh. Bayangan saya pastinya harus ngantri panjang 1-2 jam didalam. Pokoknya tetap harus mendapat EFIN segera.

Setelah memarkir motor diluar area gedung, langsung masuk deh. Di depan sudah ada satpam yang menyapa menanyakan keperluan. Saya diarahkan ke atas di lantai dua.

Sampai diatas sudah ada barisan antrian duduk di kursi yang mungkin sengaja diatur untuk memudahkan antrian. Disebrang antrian ada dua orang sedang ngisi form. Saya tanya langsung, karena saya beranggapan mereka lebih tahu dulu mengenai EFIN, ya benar ternyata form isian untuk pengajuan EFIN-nya.


Di sekitar antrian juga tidak diinformasikan mengenai kelengkapan yang harus dibawa saat mengurus registrasi EFIN ini, namun untungnya di dompet masih ada 1 lembar fotokopi KTP saya, semoga saja cukup untuk lampirannya.

Setelah selesai isi form, langsung duduk mengantri. Banyangan saya 1-2 jam mengantri ternyata salah. Antrian registrasi EFIN kenyataannya cepat, kalau tidak salah saya hanya mengantri sekitar 15 menit dari awal mula di ujung paling jauh dengan ujung awal dekat petugas pelayanan EFIN.

Sampailah giliran saya, belum sampai petugasnya mengisikan data saya malah listri padam. Dalam hati misuh...!! Tapi ya tetap senyum saja, daripada petugasnya juga ikutan bete. Sembari menyapa, "gak pake genset mas?" Lalu disaut menjelaskan yang saya sendiri tidak donk, mungkin maksudnya otomati di genset agak bermasalah.

Namun, tidak sampai 2-3 menit listrik kebali menyala. Dan urusan registrasi EFIN kembali di lanjutkan. Akhirnya beres juga hahaha.....

Mengurus EFIN ternyata gampang dan mudah. Kelengkapan yang perlu dibawa untuk memastikan kelancarannya : (1) Fotokopi kartu NPWP, (2) Fotokopi KTP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melatih Anjing Buang Air Kecil Di Tempat Tertentu

Bimakuru - Memelihara anjing (bagi para pecinta anjing) seperti saya adalah suatu hal yang mengasikan. Meskipun di awal-awal penyesuaian yang anjing dengan lingkungan barunya kadang amat sangat merepotkan sang empunya tapi cukup menyenangkan untuk mempelajari setiap tipe anjing yang kita pelihara.

Baru-baru ini saya mendapat hibang seekor anak anjing jenis Beagle ras murni, kedua indukan stambum namun sayangnya sang anak terlambat untuk didaftarkan ke kennel. Sekalipun bisa, namun dendanya cukup tinggi untuk saya. Kami mengadopsi si anakan Beagel ini sekitar usia 2-3 bulan (menurut info si empunya) dan kami beri nama CIRO.

Di foto sih terlihat lucu dan menggemaskan, namun aslinya nakal. Semua-semua di gigit dan di kunyah, semua makanan dilahap, tak jarang hingga sampai muntah kekenyangan. Namanya juga anak-anak.

A photo posted by bimAKUru (@bimakuru) on Nov 26, 2016 at 6:29am PST
Namanya juga anak-anak, anjing lagi, ketika berada di tempat baru dan masih penyesuaian sudah lumrah jika b…

Mengurus Aktivasi Nomor Simcard XL Hangus

Bimakuru - Pagi ini dibikin panik dengan hilangnya signal nomer XL. Sebelumnya memang sedang dalam masa tenggang, namun selalu menunda-nunda untuk mengisi ulang pulsa di nomer XL ini, karena lagi bokek.

Siang tadi di kantor nyambi cari-cari info terkait aktivasi kembali nomer XL yang hangus karena lewat masa tenggang. Karena ini nomer couple sama mantan pacar, ya gimanapun diusahain biar bisa aktif lagi. Karena dulu pernah punya pengalaman buruk dengan kasus yang sama namun dengan operator yang berbeda.

Ceritanya punya nomer cantik provider warna merah, namun ya itu tadi nunda-nunda isi pulsa padahal udah masuk masa tenggang, akhirnya hangus deh. Coba untuk aktifasi nomer hangus tersebut namun gagal, mbak di GraPari bilang sudah tidak bisa diaktifasi ulang, hiksssss...

Oke, lanjut ke cerita hari ini. Setelah baca-baca beberapa blog yang katanya bisa mengaktifkan kembali nomer XL yang hangus, langsung deh ancang-ancang pulang kantor lebih cepat untuk ke kantor XL Jogja.

Sempat mentions…

Sejarah Sekaten : Adat, Budaya dan Wisata

Bimakuru - Sejak bulan November 2016 lalu beberapa ruas jalan di sekitar (menuju) Alun-alun Utara Keraton Jogja ditutup. Hal ini berkaitan dengan dilaksanakannya Pasar Malam Peringatan Sekaten (PMPS) yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Kepadatan lalu-lintas mulai terasa ketika saya melintas di Jembatan Sayidan pada Sabtu malam, 10 Desmber lalu. Kepadatan kendaraan baik pemotor, mobil pribadi hingga bus mulai mengular hingga ke perempatan gondomanan. Mayoritas menuju ke arah Alun-alun Utara, tentu saja untuk mengunjungi PMPS.

Seingat saya baru kali ini acara Pasar Malam Sekaten kendaraan pribadi boleh masuk hingga sekitar Alun-alun, biasanya hanya boleh parkir diluar gerbang saja. Gelaran acara Pasar Malam Sekaten ini rutin digelar setiap tahun bertempat di Alun-alun Utara Keraton Jogja.



Sejak kapan acara Sekaten ini sudah mulai dilaksanakan ?
Asal-usul istilah sekaten disebutkan ada beberapa versi. Salah satu laman menyebut setidaknyaada tiga versi asal mula istilah Sekaten. P…