Memilih Nama "CIRO" Untuk Beagle Kami

Bimakuru - Tempat pada hari Minggu, 16 Oktober 2016 kami mengadopsi seekor anakan anjing ras Beagle. Memang sudah menjadi rencana kami (saya dan istri) untuk memelihara anjing di rumah kami. Kebetulan saya dan istri sama-sama menyukai memelihara anjing.

Awalnya kami mendapat info dari kawan istri saya, tetangganya (sebut saja mbak Mela) ingin mencari pengadopsi untuk anak anjingnya. Rencana awal, anak anjingnya baru boleh diadopsi setelah usianya 3 bulan yang diperkirakan pada bulan November. Tapi karena satu dan lain hal, mbak Mela membolehkan kami mengadopsi lebih cepat.


Dan akhirnya pada hari Minggu itu kami resmi membawa pulang anjing kecil itu. Info dari mbak Mela, ini adalah generasi ketiga dari sepasang indukan Beagle-nya. Biasanya, di sebuah kennel (peternakan anjing ras) untuk mengingat urutan generasi kelahiran sang anjing dilihat dari namanya yang sesuai abjad. Jika kelahiran pertama maka seluruh anakan akan diberi nama berawalan dengan huruf A. Begitu selanjutnya, yang kedua B, ketiga C, dan seterusnya.

Sebenarnya sah-sah saja kami menamai anjing baru kami ini dengan nama apa saja. Namun, kami memilih untuk mengambil tradisi pemberian nama tadi, kami memilih nama dengan awalan huruf C.


Foto Ciro bareng Bapak-Ibunya sebelum kami adopsi

Latar Belakang Memelihara Anjing


Kenapa kami merencanakan untuk memelihara anjing di rumah kami adalah untuk membantu dalam menjaga rumah. Kebetulan saya dan istri kerja kantoran, jadi ada dimana saat rumah kami tidak berpenghuni. Ditambah lagi beberapa hari sebelum kami mengadopsi anjing kami tersebut, terjadi 2 kali pencurian di komplek perumahan kami. Kejadian pencurian tersebut hanya berselang satu gang dari tempat tinggal kami.

Ditambah lagi beberapa hari sebelumnya saya sempat tugas ke luar kota, maka tawaran untuk mengadopsi lebih cepat tadi kami terima. Meski konsekuensinya kami harus memberi susu ekstra untuk anakan anjing tersebut.

Sepak Bola dan Juventus

Salah satu olahraga favorit saya adalah sepak bola. Bermain sepak bola maupun menonton pertandingan sepak bola menjadi hal wajib bagi saya setidaknya dari jaman SD hingga Kuliah. Hingga akhirnya lebih banyak aktifitas nonton sepak bola daripada memainkannya.

Dan Juventus adalah klub favorit saya sejak jaman saya SD. Sekitar tahun 90an sepak bola Italia sedang jaya-jayanya, bahkan RCTI kala itu setiap weekend rutin menyiarkan pertandingan Liga Italia Serie-A. Sejak saat itulah saya ngefens dengan Del Piero dan Juventus.

...

Dan karena sedang mencari nama dengan huruf awalan C, saya coba mencari referensi nama-nama unik dan bahkan nama-nama sosok terkenal. Akhirnya, teringat nama seorang legenda Juventus dan timnas Italia yang terkanal sebagai pemain belakang yang tanggu dia adalah Ciro Ferrara.

Seperti dapat dilihat di berbagai referensi di Internet, Ciro Ferrara selalu dikaitkan dengan nama besar Juventus meski sebelumnya telah membela Napoli selama 10 tahun dari tahun 1984 hingga 1994. Sebelas tahun berkostum Juventus dari 1994 hingga 2005, total Ferrara bermain sebanyak 253 kali di berbagai ajang kompetisi. Dikela sebagai seorang bek tenga yang tangguh, Ferrara mencatatkan telah menyumbang 15 gol selama karirnya untuk Juventus.

Dan akhirnya kami sepakat untuk memilih nama Ciro sebagai anggota keluarga kami yang baru itu.