Langsung ke konten utama

Berkunjung ke Museum Ullen Sentalu

Sudah hampir 20 tahun museum ini didirikan, baru kali ini saya berkunjung ke Museum Ullen Sentalu ini. Menurut website resminya, Museum Ullen Sentalu mulai didirikan tahun 1994 dan diresmikan pada 1 Maret 1997. Diresmikan oleh KGPAA Paku Alam VIII, Gubernur DIY pada waktu itu.

Museum Ullen Sentalu ini buka dari hari Selasa s/d Minggu pukul 08:30 - 16:00 wib.

Saya berkunjung ke Museum Ullen Sentalu ini pada hari Sabtu, 2 Februari 2013. Kalau tidak salah rombongan saya sampai di Museum Ullen Sentalu sekitar jam 10-an pagi. Saya (@bimakuru) beserta 3 orang teman, ada @ayina87, @mumolabs dan juga Retno.

Museum Ullen Sentalu


Dengan tiket Rp.25.000,- kita sudah bisa memasuki area Museum Ullen Sentalu ini. Untuk wisatawan mancanegara dikenai tarif Rp.50.000,-

Setelah membayar tiket kita tidak langsung dapat masuk ke Museum Ullen Sentalu, namun diharuskan menunggu untuk mendapatkan guide rombongan. Kala itu rombongan saya (4 orang) digabung dengan rombongan lain (3 orang), jadi 1 guide untuk 7 orang.

Sesaat memulai tour di Museum Ullen Sentalu, mbak guide-nya langsung memberi memberi info dilarang mengambil gambar ataupun video selama tour di Museum Ullen Sentalu ini. Namun tidak semua area dilarang untuk foto, ada beberapa spot yang diperbolehkan untuk berfoto. Dari penjelasan mbak guide, Museum Ullen Sentalu ini total seluas 1,2 hektar.

Penjelasan awal isi dari Museum Ullen Sentalu ini akan berkisah tentang Kerajaan Yogyakarta dan Solo, dilihat dari sudut pandang Wanita Keraton. Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku, yang artinya (kurang lebih): nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Blencong sendiri adalah lampu yang menjadi sumber cahaya dalam acara wayang kulit.

Segera di update lagi... :)

Referensi tambahan: ullensentalu.com; wikipedia.org;

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melatih Anjing Buang Air Kecil Di Tempat Tertentu

Bimakuru - Memelihara anjing (bagi para pecinta anjing) seperti saya adalah suatu hal yang mengasikan. Meskipun di awal-awal penyesuaian yang anjing dengan lingkungan barunya kadang amat sangat merepotkan sang empunya tapi cukup menyenangkan untuk mempelajari setiap tipe anjing yang kita pelihara.

Baru-baru ini saya mendapat hibang seekor anak anjing jenis Beagle ras murni, kedua indukan stambum namun sayangnya sang anak terlambat untuk didaftarkan ke kennel. Sekalipun bisa, namun dendanya cukup tinggi untuk saya. Kami mengadopsi si anakan Beagel ini sekitar usia 2-3 bulan (menurut info si empunya) dan kami beri nama CIRO.

Di foto sih terlihat lucu dan menggemaskan, namun aslinya nakal. Semua-semua di gigit dan di kunyah, semua makanan dilahap, tak jarang hingga sampai muntah kekenyangan. Namanya juga anak-anak.

A photo posted by bimAKUru (@bimakuru) on Nov 26, 2016 at 6:29am PST
Namanya juga anak-anak, anjing lagi, ketika berada di tempat baru dan masih penyesuaian sudah lumrah jika b…

Mengurus Aktivasi Nomor Simcard XL Hangus

Bimakuru - Pagi ini dibikin panik dengan hilangnya signal nomer XL. Sebelumnya memang sedang dalam masa tenggang, namun selalu menunda-nunda untuk mengisi ulang pulsa di nomer XL ini, karena lagi bokek.

Siang tadi di kantor nyambi cari-cari info terkait aktivasi kembali nomer XL yang hangus karena lewat masa tenggang. Karena ini nomer couple sama mantan pacar, ya gimanapun diusahain biar bisa aktif lagi. Karena dulu pernah punya pengalaman buruk dengan kasus yang sama namun dengan operator yang berbeda.

Ceritanya punya nomer cantik provider warna merah, namun ya itu tadi nunda-nunda isi pulsa padahal udah masuk masa tenggang, akhirnya hangus deh. Coba untuk aktifasi nomer hangus tersebut namun gagal, mbak di GraPari bilang sudah tidak bisa diaktifasi ulang, hiksssss...

Oke, lanjut ke cerita hari ini. Setelah baca-baca beberapa blog yang katanya bisa mengaktifkan kembali nomer XL yang hangus, langsung deh ancang-ancang pulang kantor lebih cepat untuk ke kantor XL Jogja.

Sempat mentions…

Sejarah Sekaten : Adat, Budaya dan Wisata

Bimakuru - Sejak bulan November 2016 lalu beberapa ruas jalan di sekitar (menuju) Alun-alun Utara Keraton Jogja ditutup. Hal ini berkaitan dengan dilaksanakannya Pasar Malam Peringatan Sekaten (PMPS) yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Kepadatan lalu-lintas mulai terasa ketika saya melintas di Jembatan Sayidan pada Sabtu malam, 10 Desmber lalu. Kepadatan kendaraan baik pemotor, mobil pribadi hingga bus mulai mengular hingga ke perempatan gondomanan. Mayoritas menuju ke arah Alun-alun Utara, tentu saja untuk mengunjungi PMPS.

Seingat saya baru kali ini acara Pasar Malam Sekaten kendaraan pribadi boleh masuk hingga sekitar Alun-alun, biasanya hanya boleh parkir diluar gerbang saja. Gelaran acara Pasar Malam Sekaten ini rutin digelar setiap tahun bertempat di Alun-alun Utara Keraton Jogja.



Sejak kapan acara Sekaten ini sudah mulai dilaksanakan ?
Asal-usul istilah sekaten disebutkan ada beberapa versi. Salah satu laman menyebut setidaknyaada tiga versi asal mula istilah Sekaten. P…